Friday 19 June 2015

Ayo Berbahasa Indonesia !!


Mungkin artikel ini adalah artikel pertama saya dengan menggunakan bahasa Indonesia. Setelah hampir semua artikel yang sudah saya tulis dengan menggunakan bahasa Inggris. Tujuan pertama membuat blog ini pada dasarnya dilandasi oleh keinginan pribadi untuk menyebarkan 'ilmu pengetahuan' ke seluruh dunia, bukan cuman berfokus audience yang ada di Indonesia. Banyak pembaca yang faham, banyak amal yang akan saya peroleh. Aaamin :)

Kenapa? Karena saya dulu 'dipaksa' membuat blog sama dosen di kampus lama yang standar bahasanya berbasis International, yaitu bahasa Inggris. Lihat saja alamat yang ada di blog ini saja masih ada 'bau' kampus lama,  AIU (Albukhary International University). Jadi itulah alasan kenapa saya menulis semua artikel dalam bahasa Inggris. Kalaupun bahasa Indonesia jadi bahasa International, saya akan menulis semua artikel saya dalam bahasa Indonesia.

Loh terus kenapa kok sekarang pakai bahasa Indonesia? Karena jiwa patriotisme dan nasionalisme saya yang tinggi serta sangat bangga sekali menjadi orang Indonesia, toh  kenapa saya tidak pakai bahasa Indonesia? Bahasa Indonesia juga bahasa yang mudah dipahami oleh orang Indonesia dan mudah dipelajari oleh orang asing.

Bercerita dalam bahasa Indonesia sangat fleksibel karena ada sebagian kata yang ada dalam bahasa kita itu tidak bisa diartikan langsung dalam bahasa Inggris. Jadi, rasanya sih ga asik kalo bercerita pengalaman dalam bahasa Inggris. Orang melayu, khususnya teman se-kampus saya, suka berbicara bahasa Indonesia kalau ketemu orang Indonesia. Meskipun, logat mereka yang agak cengkok melayu, tapi mereka mencoba menyesuaikan dengan aksen kita. hehe.

Agak aneh memang logat mereka kalau berbicara bahasa kita. Mungkin, akibat dari sinetron Indonesia yang sudah masuk Malaysia bertahun - tahun, jadi kalau ketemu kita sudah 'agak' bisa meniru dari sinetron itu. Dan begitupun dengan orang Indonesia yang suka nonton kartun yang 'botak' asal Malaysia. Yah, begitulah efek media yang sangat cepat masuk ke sistem sosial di masyarakat.

Jadi mulai hari ini, saya akan sedikit bercerita tentang kehidupan kampusku dan jalan - jalan serta pengalaman hidup dengan bahasa Indonesia. Berbahasa Indonesia yang baik itu perlu. Kalau ada pendapat yang bilang,"ga usah sok inggris loe, ngomong sama orang sendiri aja pake inggris segala". <-- menurut saya ini pendapatnya orang yang kolot. Orang Indonesia itu perlu belajar bahasa asing, supaya tidak 'dibodohi' sama orang asing. Kalau ada orang asing yang 'ngomongin' kita, kita jadi tahu apa maksut yang mereka omongin. 

Kalau kedua belah pihak setuju pakai bahasa Inggris, ya sah - sah saja sih menurutku. Mungkin mereka mau mengembangkan ilmu bahasa asing mereka. Kalau ada yang kontra, ya silahkan pakai Bahasa Indonesia.

Oh ya satu lagi, orang yang bisa bahasa Inggris juga bukan orang yang 'wah' karena kemampuan mereka dalam bahasa asing. Ingat, pemulung di Amerika saja pakai bahasa Inggris loh, jadi tidak usah berlebihan menilai orang yang bisa bahasa asing. :D

Kita semua bisa maju, kalau kita mau untuk maju. Semangat !!


ditulis di Dewan Penginapan Pelajar UUM TNB 2A216
Share:

0 comments:

Post a Comment